Language

GenyMotion dan Google Play

 

Genymotion, Emulator Android Terbaik untuk PC
Genymotion, Best Emulator Android for PC

GenyMotion dan Google Play


Banyak di antara kita sekarang ini mulai menggunakan Genymotion sebagai pilihan emulator Android terbaik pada pc kita terutama untuk mesin x86 dan sistem operasi Windows atau dikenal juga dengan ARM emulator. Namun ternyata Genymotion pada versi terbarunya yaitu 2.1.0, segala sesuatu yang berkaitan dengan Google telah dibuang seperti Google Play kecuali Gmail. Ini tentu sangat mengecewakan bagi sebagian dari kita, sebab Google Play seolah sudah menjadi satu dengan tampilan layar muka tablet atau hp Android; ternyata tidak ada pada Genymotion terbaru.

Lagi pula, tatkala kita menginstalasi sebuah aplikasi pada GenyMotion akan memunculkan pesan kesalahan dan instalasi gagal (INSTALL_FAILED_CPU_ABI_INCOMPATIBLE). Memang menjengkelkan! Namun Anda jangan gundah dulu, karena berikut ini akan saya bahas tips dan trik agar kita masih bisa menikmati emulator Android Genymotion dan Google Play™ atau GApp terpasang serta mengijinkan kita memasang aplikasi seperti game serta widget pilihan kita dengan sukses. Bagaimana Genymotion bisa menjadi emulator Android terbaik bila ia tidak bisa mendukung Google? Terlepas dari tujuan pemakaiannya.

Pada dasarnya pada Genymotion terbaru ini bagian yang hilang adalah dukungan penuh pada translasi Android yang berbasis ARM (prosesor berarsitektur RISC) ke PC berbasis x86 (prosesor berarsitektur CISC). Serta modul native Android yaitu keterhubungan dengan Google™ yang notabene adalah pengembang sistem operasi Android. Nah, jika kita memiliki kedua file tersebut maka semua masalah di atas otomatis terselesaikan. Hal ini sebenarnya dapat diatasi bila Anda sebelumnya telah memiliki AVD Manager dari Android Developer yang mengandung Intel x86 Atom System Image, Genymotion dapat mencari patches dari sini.

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot cukup download dua buah file untuk mengaktifkan Google Play pada Genymotion, berikut ini:


Paket aplikasi lengkap GApp untuk:


Setelah mengunduh file-file tersebut Anda cukup melakukan klik -> seret -> jatuhkan berkas-berkas tersebut pada home screen emulator Android GenyMotion Anda. Voila! Tampilan emulator Anda terlihat lain seperti gambar di atas (sudah saya lengkapi dengan game). Hanya dengan dua langkah mudah Google Play tampil di Genymotion.


Kalau Google Play sudah terinstalasi dengan baik, tidak sulit lagi untuk download game favorit semacam Flappy Bird atau aplikasi kamera 360.

Thread yang membahas tentang ini ada di XDA-Android Forum, kalau Anda mau baca silahkan saja.

Daftar istilah:
RISC = Reduce Instruction Computing Set.
CISC = Complex Instruction Computing Set.

Artikel terkait:



comments powered by Disqus