Language

Metode Rooting Android

 

Metode atau Cara Rooting Android
Metode atau Cara Rooting Android

Dua macam metode atau cara root Android

Sebenarnya tidak sulit untuk melakukan melakukan rooting pada Android, apakah itu smartphone atau pun pada perangkat tablet pc. Begitu pula halnya dengan berbagai macam merek perangkat/gadget Android yang tersedia di pasaran, metode atau cara rooting-nya tetap sama yaitu dengan:

(a) Cara root Android dengan pc/komputer dan
(b) Root Android tanpa pc/komputer


Sekilas tentang Android
Android adalah sebuah sistem operasi yang dibangun atas dasar sistem operasi LINUX, sehingga karakteristik-nya membawa sifat-sifat LINUX yang open source. Pada OS LINUX rooting artinya menggunakan hak administrator untuk melakukan perubahan atau penyesuaian, peng-install-an device driver, menyesuaikannya dengan perangkat terpasang pada komputer. Meskipun begitu, metode atau cara rooting perangkat Android juga dapat dilakukan pada OS Windows Vista, Windows 7 atau 8 tidak masalah, tentunya dengan prosedur atau langkahnya masing-masing.

Cara root Android dengan komputer/pc

  1. Apa saja peralatan untuk root Android dengan komputer?
  • Kabel USB; digunakan untuk menghubungkan perangkat Android dengan pc.
  • Perangkat Android; tentu saja harus ada, bisa smartphone atau tablet.
  • Software yang akan digunakan untuk melakukan rooting. Software ini juga banyak macamnya, tergantung pada versi Android, merek, manual atau otomatis.
  • Device driver yang sesuai dengan tipe Android, biasanya sudah ada pada saat kita membeli, berupa CD. Tapi jangan khawatir software rooting dapat mencari sendiri driver yang cocok untuk perangkat Android yang akan di root.
  • Pastikan semua kebutuhan di atas tersedia, dan jangan lupa baterai Android anda harus terisi penuh paling tidak 60%.
Beberapa software yang diperlukan dalam melakukan proses root android dengan komputer, tinggal pilih mana yang Anda inginkan.
  • Android SDK dari situs resminya Google Android Developer. Unduh dan Install, bacalah tuntunan instalasi-nya dengan seksama. Sejatinya diperuntukkan bagi pembuatan program/aplikasi dengan basis sistem Android, namun disediakan juga sebuah fasilitas untuk melakukan root. Bahkan disediakan pula satu sarana untuk menjalankan aplikasi yang sudah ada pada komputer kita, disebut juga dengan istilah emulator.
  • SuperOneClick sebuah software yang berbasis OS Windows (Vista, 7) dan Linux (Ubuntu, Debian). Dengan SuperOneClick anda bisa me-root hampir semua jenis perangkat Android. Link yang saya sertakan adalah posting pada forum aslinya.
  • OneClickRoot Aplikasi root Android yang satu ini bisa gratis, bisa juga berbayar, tergantung dari kebutuhan anda. Bila menginginkan fasilitas lebih dan dukungan gadget Android lebih banyak, tentu hanya dengan versi premium yang paling cocok. 
  • Framaroot dukungan software rooting Android ini termasuk banyak, ada beberapa Android Cina yang dapat di proses dengan Framaroot.
  • Satu lagi dari CyanogenMod, banyak sofware untuk root Android kita temukan di sini. Ada yang masih berupa percobaan, ada yang sudah versi stabil, tinggal comot saja. Gratis kok. Khusus untuk CyanogenMod ini saya akan membuat posting tersendiri tentang teknik rooting dengan custom ROM untuk Android tablet dan Android smartphone.
  • Rooting Android dengan Unlock Root Tools; ikuti petunjuknya di sini

Cara root Android tanpa komputer/pc

Melakukan root Android tidak melulu hanya dengan komputer, kita bisa juga melakukannya tanpa itu. Yaitu dengan menginstall software berbasis Android (file ext. APK) ke smartphone atau ke tablet Android kita, secara langsung. Coba anda lihat di bawah ini:
  • Universal Androot unduh ke perangkat Android anda dan tinggal menginstall lalu jalankan, ikuti prosesnya sampai selesai. Sayangnya versi ini sudah tidak ada yang mendukung.
  • Root transmission sama dengan yang di atas tinggal download, jalankan.
Hanya dengan kedua metode atau cara root Android dengan dan tanpa pc tersebut di atas, sudah cukup untuk melakukan rooting berbagai perangkat Android, baik pada  Android tablet atau pun Android smartphone.

Baca juga posting saya sebelumnya tentang Tips dan Trick cara root Android tablet
Baca posting selanjutnya Cara Root Android China 

Ingat:
Resiko kegagalan, kerusakan dan lain-lain adalah tanggung jawab Anda sendiri. Jadi mohon Anda pertimbangkan dengan seksama sebelum melakukan rooting perangkat Android Anda.

Semoga berhasil!

Site by Serba Aneka Informasi (C) 2013

Add me @ Google+


comments powered by Disqus