Language

Berbagi Pengalaman: Kerja Online











Pengalaman Kerja Online
Sebagai Freelancer


Dalam kondisi ekonomi Indonesia yang carut-marut oleh banyaknya permasalahan, mulai dari masalah korupsi, inflasi, pengangguran, politik dan masih banyak lagi. Pada akhirnya, semua masalah tersebut akan berimbas pada kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam hal ekonomi. Biarlah masalah yang besar-besar bagian mereka yang memang memiliki wewenang dan kewajiban dalam hal tersebut.

Sementara kita lebih baik memikirkan ekonomi kita masing-masing, bagaimana agar kita mendapatkan penghasilan yang cukup bahkan kalau bisa berlebih. Namun sayangnya tidak semua memiliki keberuntungan dan rezeki yang mencukupi untuk sehari-hari, meskipun kita memiliki tingkat pendidikan dan kemampuan yang sama.

Setiap kita memiliki potensi, entah dari pendidikan, pengalaman, atau mungkin bakat alam. Bila mau mengasah dan memanfaatkannya maka potensi tersebut akan dapat membantu kita menghasilkan tambahan pemasukan. Tinggal mencari di mana kita menemukan orang yang memerlukan potensi tersebut atau di mana kita bisa menjualnya.

Atas dasar itulah, kemudian saya mencoba mencari-cari di internet, adakah tempat saya menjual keahlian saya? Ternyata, ketemu, situs-situs yang menjadi tujuan dan sekaligus tempat mencari pekerjaan dan bekerja secara online. Dalam posting sebelumnya Job For Freelancer , saya mengupas beberapa situs tempat kita bisa mencoba peruntungan.

Inilah pengalaman saya sesungguhnya:

Tempat pertama saya mendapatkan uang dari internet adalah sebuah situs dari Jerman, yaitu Clickworker . com. Dengan mendaftar menjadi anggota saya mendapat beberapa sen dolar, dan sebulan kemudian uang tersebut dikirim ke rekening Paypal. Antara percaya dan geli, uang beberapa sen dolar (kira-kira $ 0,48) benar-benar dikirimkan!

Tempat yang lumayan besar penghasilannya ketika itu adalah situs Mancx . com, ada beberapa kali saya mendapatkan dolar dari sini. Hanya dengan mencari informasi dari internet dan mengumpulkannya saya mendapatkan antara $10 hingga $50, hingga terkumpul sekitar $85. Sayangnya, situs ini sudah diganti menjadi Coworks . com, dan sepertinya sulit mendapatkan uang dari sini.



Seiring waktu saya mencoba hoki di beberapa situs lain seperti oDesk, Freelance, Freelancer, Elance, Guru dan lain-lain. Foto profil saya semuanya berlatar belakang Merah-Putih, untuk menggambarkan bahwa "SAYA ORANG INDONESIA", inilah aku.

Untuk situs Elance, jika anda mengikuti tauatan ini dan menjadi anggotanya, maka Anda akan mendapatkan bonus spesial 10 poin koneksi. Poin koneksi ini diperlukan ketika kita melamar pada sebuah proyek target, tanpa poin koneksi ini kita tidak diijinkan melamar.

Dari beberapa situs tersebut, saya mendaftarkan diri dengan berbagai jenis pekerjaan dan keahlian, a.l:
  • SEO dan Backlinks building
  • Translator
  • Gadget review
  • Marketing
  • Proofreading
  • dll
Pekerjaan yang paling sering saya lakukan adalah sebagai website translator dan backlinks building. Ada yang dilakukan secara fixed price (borongan) dan ada juga beberapa yang dengan hourly rate (jam-jaman).

Sekarang ini, saya mencoba menjadikan ini pekerjaan tetap. Karena penghasilan dari kerja online melebihi penghasilan dari bekerja untuk bos-bos lokal. Contohnya, sulit mencari pekerjaan di sini yang menghasilkan hingga lebih dari Rp 50.000 /jam, padahal bayaran sekian tersebut umum dan tidak sulit didapatkan dengan bekerja online, sungguh.

Rekan-rekan, kita jangan mau kalah dengan freelancer dari negara lain seperti India, Pakistan, Filipina, dan lain-lain. Mereka mampu menjual keahlian hingga dalam sebulan bisa menarik dolar sampai puluhan ribu, saya tahu, karena sering mengikuti forum-forum untuk freelancer.

Kita orang Indonesia sudah banyak yang bekerja hanya dari rumah saja, atau seperti saya, siang buat bos lokal dan malamnya untuk bos non lokal.

Mulai sekarang, cobalah mengasah keahlian yang sesuai dengan minat kita masing-masing. Dan kemudian marilah kita bekerja dengan mendunia, untuk kehidupan lebih baik. 

Percayalah, kerja keras, niat baik dan do'a bisa meloloskan kita dari kesulitan ekonomi.

Post selanjutnya Metode Rooting Android
Sebelumnya Sharing knowledge from experiences: how to become a savvy entrepreneur.

Site by Serba Aneka Informasi (C) 2013



comments powered by Disqus